Sejarah Flat Design

Dari tahun ke tahun, trend desain grafis telah mengalami benyak evolusi. di era ini elemen desain grafis menjadi lebih sederhana, sehingga muncul istilah flat design.
Tapi dari mana sebenarnya asal mula flat design, dan apa sih flat design itu?
Berikut ini beberapa fakta yang telah AzhamCreation rangkum berdasarkan beberapa sumber.

Apa itu flat design sebenarnya?

Sebelum munculnya flat design, desain materi visual dengan efek-efek seperti drop shadow, bevel, gradien dan 3D sangat populer. nah, flat design merupakan kebalikannya. Flat design merupakan istilah yang diberikan pada desain yang tidak memiliki gaya karakter yang membuatnya tampak seakan-akan menyatu dengan latar. Dengan kata lain, flat design berarti menghapus gaya karakter bayangan, gradien, tekstur, bevel dan elemen-elemen lain yang mengandung unsur 3 dimensi. Flat design saat ini banyak dipraktekkan oleh para desainer grafis karena terlihat modern dan sangat nyaman untuk dilihat yang membuat audience lebih fokus kepada pesan dibalik visual tersebut. Orang-orang juga berpendapat bahwa flat design membuat setiap detail elemen desain menjadi lebih efisien dan menimbulkan kesan elegan. berikut adalah contoh beberapa flat design yang banyak dibuat oleh desainer grafis.





source : Google Images

Dari mana awal mula munculnya flat design?

Sulit sekali menentukan asal muasal munculnya flat design di dunia desain grafis. Namun terdapat beberapa sumber yang diyakini merupakan inspirasi awal dari flat design yang populer saat ini, seperti The Swiss Style atau yang lebih dikenal dengan istilah Typographic. The Swiss Style merupakan gaya desain yang berasal dari Swiss dan populer di sekitar tahun 1940-1950an. Gaya desain ini berfokus pada penggunan grid, tipografi sans serif (penggunaan font yang mudah dibaca) serta layout yang tertata rapih. terkadang The Swiss Style juga sering mengkombinasikan foto dengan tipografi yang sederhana dan minimalis.



source : Google Images
Beberapa saat terakhir ini, flat design mulai berevolusi. seperti contohnya Google, terutama pada aplikasi mobile. Mereka menambahkan efek drop shadow dan gradien pada flat design mereka, namun lebih diperhalus seakan akan membuat flat design mereka terlihat berbeda dan lebih baik.
Kira-kira, apa trend desain selanjutnya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat bentuk dasar di CorelDRAW

Cara memasukkan gambar ke dalam objek di CorelDRAW

Cara membuat gambar PNG di Photoshop